Akademik

VISI

Terwujudnya Taman kanak-kanak Islam Ar-Rahman Trenggalek unggulan dan rujukan dalam pembentukan karakter keislaman dan kebangsaan, serta kecendekiaan peserta didik bertaraf internasional

MISI

  1. Mengembangkan TK Islam Ar-Rahman Trenggalek sebagai TK Unggulan dalam menyelenggarakan pendidikan karakter keislaman dan kebangsaan serta menjadi rujukan TK di tingkat nasional maupun internasional
  2. Mengembangkan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan sekolah dasar unggulan dan bertaraf internasional
  3. Mengembangkan pendidikan pengenalan baca, tulis, hitung dan bahasa internasional melalui pembelajaran bermain dan bernyanyi agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan sekolah dasar unggulan dan bertaraf internasional

KURIKULUM

Kurikulum yang dikembangkan di TK Islam Ar-Rahman Tahun Pelajaran 2014/2015 mengacu pada Permen Diknas nomor 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini dan dilengkapi dengan beberapa kurikulum muatan lembaga yang dikemas dalam penerapannya adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Lingkup perkembangan dengan mengacu pada Permen Diknas nomor 58 meliputi :

  1. Nilai nilai Agama dan moral
  2. Fisik Motorik
  3. Kognitif
  4. Kemampuan Berbahasa
  5. Sosial Emosional
    Sedangkan muatan lembaga yang dikembangkan secara intensif adalah :
    1. Pendidikan Karakter
      Diberikan setiap hari bersamaan dengan pemberian materi pelajaran, serta terintegrasi dalam berbagai aktifits kegiatan di sekolah. Untuk memantau perkembangan dan pencapaian karakter, ada buku penghubung harian yang harus diisi oleh guru di sekolah maupun oleh orang tua di rumah. Dengan kerjasama yang intensif diharapkan Ananda TK Islam Ar-Rahman mempunyai karakter yang bisa dicontoh dan dibanggakan
    2. Penanaman Aqidah Pagi (hafalan ayat dan hadits pilihan)
      Kegiatan PAP dilakukan pada setiap hari Rabu, Jum’at dan Sabtu pagi selam 20 menit, dengan memberikan materi tentang Aqidah keislaman, didukung oleh beberapa dali naqli yang bersumber dari ayat Al Qur’an dan hadist pilihan.
    3. Pembelajaran Al Qur’an dengan metode Qiroati (every day with Al Qur’an)
      Pembelajaran Al Qur’an setiap hari “Every Day with Al Qur’an” dengan metode Qiraati, untuk Ananda kelompok A dan B dengan terlebih dahulu dilakukan penempatan kelompok pembelajaran Al Qur’an. Setiap kelompok terdiri dari 10 Ananda dengan dibimbing oleh satu guru Al Qur’an yang kompeten di bidangnya.
    4. English Practice (mengolah life skill Ananda)
      Dalam setiap pembelajaran digunakan bahasa Inggris sederhana yang terangkum dalam pembelajaran English Practice, mengintegrasikan untuk kebutuhan komunikai sederhana Ananda, ditargetkan Ananda mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris sederhana dalam menjalankan aktifitas sehari hari.
    5. Senam
      Setiap hari Selasa dan Kamis, Ananda melaksanankan senam pagi ceria guna menggerakkan badan dan menjadikan pikiran yang segar, dikarenakan badan yang sehat
    6. Upacara
      Untuk menumbuhkan cinta bagsa dan negara, dilaksanakan upacara bendera seiap hari Senin. Selain itu upacara bendera juga memupuk jiwa kedisiplinan serta mentaati peraturan
    7. Praktik Ibadah
      Program Shalat Berjama’ah ; bertujuan untuk membina pembiasaan wudlu dan shalat 5 waktu dengan bacaan dan gerakan yang benar, wirid, dan doa-doa harian.

Sistem pembelajaran

  1. Profil Pembelajaran
    TK Islam Ar-Rahman Trenggalek merupakan satuan pendidikan yang mengembangkan seluruh potensi Ananda usia 4 – 6 tahun
    secara optimal, dengan kegiatan belajar dirancang sebagai
    berikut:
    1. Pembelajaran menggunkanan model area dengan pendekatan khas PAUD / TK Ar-Rahman, yang dalam tiap areanya terdapat
      berbagai kegiatan yang merangsang perkembangan dandaya pikir Ananda.
    2. Pada masing masing pembelajaran menggunakan tema yang riil dan nyata bagi kehidupan Ananda ditunjang dengan
      berbagai kegiatan inti dimasing-masing tema, dan jika field trip/studi wisata yang menunjang pengalaman belajar Ananda.
    3. Agar pembelajaran berjalan efektif, diciptakan suasana yang menyenangkan, mandiri, perorangan maupun berkelompok, Ananda belajar bagaimana memecahkan suatu masalah untuk memperoleh pengalaman belajar yang maksimal, utuh, dan terintegrasi.
    4. Kegiatan belajar mengajar di TK Islam Ar-Rahman Trenggalek melalui pendekatan, metode dan media pembelajaran modern yang secara kontinyu dikembangkan dengan bimbingan Tim Pengembang Pendidikan Islam Ar-Rahman Trenggalek.
    5. Setiap kelompok terdiri dari 24 Ananda dengan bimbingan 2 guru kelompok .

  2. Laporan Pengajaran
    Kelompok
    Segala bentuk pembelajaran yang telah dilakukan di sekolah dilaporkan secara kontinu dan berkala kepada Wali siswa dengan rincian:
    1. Laporan harian meliputi laporan kegiatan membaca,mengaji serta kejadian-kejadian yang terekam dalam buku pantau kegiatan harian, buku pantau mengaji, serta buku pantau karakter
    2. Laporan mingguan setiap hari Sabtu, sekolah akan menyampaikan hasil perkembangan belajar Ananda dalam bentuk Lembar Portofolio yang telah dilaksanakan selama 1 minggu dalam Map Portofolio.
    3. Laporan Bulanan terangkum dalam Laporan Akuntabilitas Pendidikan (LAP) Ananda yang terbagi pada tanggal 5 setiap bulan. Dalam LAP orang tua juga diperkenankanmenuliskan komentar dan masukan untuk kebaikan perkembangan Ananda.
    4. Laporan semester mengacu pada program pelaporan dari Dinas Pendidikan Nasional, disampaikan setiap akhir semester pelajaran